Permainan Tradisional Marraga Menyehatkan Raga

Permainan Tradisional Marraga Menyehatkan Raga
Voting Posting Ini
pemainan paraga asal bugis

pemainan paraga asal bugis

Paraga bukan sekedar permainan, tetapi termasuk kesenian dan olahraga. Marraga atau Paraga berkembang dan tersebar ke beberapa daerah di Indonesia. Eksistensi yang sudah lama menjadikan permainan ini sebagai kesenian lokal yang mendunia. Permainan ini mirip dengan olahraga sepak takraw karena menggunakan bola keras yang ditendang dan disundul seperti bola dan olahraga sepak takraw. Tahukah permainan ini seperti apa?

Sejarah Permainan Tradisional Marraga

kesenian tradisional paraga asal bugis

kesenian tradisional paraga asal bugis

Marraga atau Mandaga berasal dari suku Bugis, Sulawesi Selatan. Dinilai kesenian karena di dalam permainan ini para pemain juga menari sambil bermain bola. Marraga adalah bahasa Bugis yang artinya bermain atau bersepak raga. Permainan ini benar-benar menyehatkan raga, bahkan menyehatkan jiwa juga karena merasa senang setelah bermain. Marraga ini adalah salah satu tradisi budaya Bugis  Makassar yang populer dan sering ditampilkan pada acara-acara besar. Permainan Marraga ini menjadi cerminan strata khusus di dalam masyarakat Bugis Makassar.

Dahulu ada beda pendapat tentang awal permainan ini, ada yang berpendapat bahwa permainan ini berasal dari Malaka. Namun, pada kenyataannya tidak terbukti karena masyarakat Malaka tidak mengenal dan tidak mengetahui cara bermain permainan ini. Pendapat lainnya mengatakan permainan ini berasal dari Pulau Nias. Hal ini cukup terbukti dengan adanya masyarakat yang mengenal dan memainkan permainan ini yang sudah ada sejak zaman dahulu karena tradisi turunan dari nenek moyang mereka. Jadi permainan ini memang permainan tradisional khas Indonesia, bukan negara lain.

Cara Bermain Permainan Tradisional Marraga

Tradisi ini menampilkan kepiawaian memainkan bola dengan tarian yang sangat unik. Marraga/Mandaga biasanya dimainkan oleh 4 sampai 7 orang dengan berdiri melingkar. Berikut penjelasan tentang cara bermain permainan ini.

  • Setelah berdiri melingkar sebelum bermain di dalam 2 tim, para pemain harus mempertahankan bola agar tidak jatuh menyentuh tanah. Jika bola terjatuh di posisi kelompok satu berarti kelompok dua memperoleh poin.
  • Kelompok satu dan dua saling melempar bola dan harus mempertahankan bola agar tidak jatuh menggunakan apa saja asalkan bola tidak dipegang.
  • Para pemain bermain bola rotan secara bergiliran tanpa jatuh ke tanah sambil menarikan berbagai gerakan. Puncak permainan ini pada saat salah satu pemain ditopang naik ke pundak masing-masing pemain. Keunikannya adalah para pemain harus melambungkan raga agar bola tidak terjatuh sebelum dioper ke pemain lainnya.
  • Melambungkan raga dengan menggunakan kaki, tangan, bahu, dada dan anggota tubuh lainnya, tetapi tidak boleh dengan tangan. Lambungan raga tertinggi bisa mencapai 3 m dari permukaan tanah.
Baca Juga :  Game Labirin Permainan Mencari Jalan Keluar

Video permainan paraga bisa anda lihat di bawah ini :

Aturan Permainan Tradisional Marraga

Permainan ini memang kurang populer di kalangan masyarakat umum di Indonesia, tetapi tidak ada salahnya kalau permainan ini dimainkan dan dilestarikan oleh orang-orang di luar Sulawesi Selatan dan bukan suku Bugis. Berikut peraturan yang harus diperhatikan dan dipatuhi oleh semua pemain.

  • Sempak sarring/anrong sempak adalah sepak biasa yang sedikit melampaui kepala dan sempak cadding dilakukan di bawah pusar. Kedua hal itu bisa dilakukan sesuai keahlian dan keinginan setiap pemain.
  • Orang yang dianggap mahir disebut niak sempakna atau niak belona. Orang mahir ini bisa mempertahankan raga agar tidak jatuh ke tanah dan melambungkannya sesuai dengan persyaratan permainan.
  • Setiap sepak bisa bervariasi dan sulit ditiru oleh pemain lainnya.
  • Setiap pemain tidak boleh memonopoli permainan dan menyerobot kesempatan pemain lain sehingga kesempatan yang adil selalu tersedia bagi para permain untuk menunjukkan keahliannya.
  • Pertandingan selesai jika bola jatuh ke tanah dan pemain yang menjatuhkannya akan dikeluarkan sebelum permainan dimulai kembali.
Permainan Tradisional Marraga Menyehatkan Raga | ivink3aray | 4.5