Adu Kekuatan dengan Permainan Gebok

Adu Kekuatan dengan Permainan Gebok
Voting Posting Ini
permainan boyboyan

permainan boyboyan

Permainan gebok adalah permainan tradisional Betawi yang banyak dilakukan oleh anak-anak sambil menggembala (angon) ternak-ternaknya pada zaman dahulu. Permainan ini disebut gebok karena berhubungan dengan kata tabok (pukul). Dalam permainan ini, pemain yang berhasil ditangkap akan dipukul (ditabok). Dahulu permainan ini sering dimainkan di daerah Gandaria oleh 8 hingga 10 anak berumur antara 9 hingga 12 tahun. Permainan gebok saat ini biasanya dimainkan hanya pada momen 17 Agustus. Permainan tradisional ini sangat seru untuk dimainkan sehingga dahulu menjadi permainan kesukaan anak-anak sebelum kemajuan teknologi seperti saat ini. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan, tetapi lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki.

Permainan Gebok juga terkenal di berbagai daerah dengan nama yang berbeda-beda dan alat-alat yang berbeda juga, tetapi aturan permainannya sama. Di daerah Jawa Barat, permainan ini dikenal dengan nama bebencaran. Permainan bebencaran memakai tumpukan pecahan genting sebagai targetnya. Bencar artinya terurai atau terpecah sehingga bebencaran menunjuk pada upaya pemain untuk selalu memencarkan potongan genteng yang semula ditumpuk rapi di atas tanah. Di Sulawesi Selatan, permainan ini dikenal dengan nama “boy-boyan” dan memakai tumpukan batu yang disusun sebagai targetnya. Sedangkan di Pati Jawa Tengah, permainan ini dikenal dengan nama Gaprek Kempung.

Perlengkapan Permainan Gebok

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain arena permainan (lapangan), pancak, tambang (tali), baju/ kemeja pemain, dan daun pisang kering/kembang rumput. Pancak adalah sebatang kayu dengan panjang sekitar 50 cm yang diletakkan ke dalam tanah dengan kuat sebagai tempat mengikat tali/tambang sebagai gantungan baju dari para pemain. Tali biasanya memiliki panjang sekitar 1/2 m yang diambil dari ikat ternak yang sedang dilepas di tanah lapang. Baju-baju yang digantung akan diperebutkan oleh para pemain. Daun pisang kering/kembang rumput berfungsi sebagai pengundi dan disobek sebanyak jumlah pemain.

Baca Juga :  Permainan Ular Naga Maknanya Bukan Kepalang

Cara Bermain Gebok

cara bermain bola gebok

cara bermain bola gebok

Salah satu alat pengundi harus dibundel ujungnya, kemudian digenggam oleh salah seorang pemain. Semua peserta harus mengambil satu persatu dan orang yang mendapat daun bundelan berarti dia harus jaga. Pemain yang berjaga tidak perlu membuka baju, hams berdiri di ujung tali dan memegang tali tersebut serta tidak boleh berdiri di dekat pancak karena memudahkan pemain lain yang akan mengambil baju di atas pancak. Pemain lain juga berusaha mengambil baju yang ada di atas pancak sambil berlari bersama mendekati pancak kayu untuk mengambil baju. Penjaga harus bisa menangkap setiap pemain yang berusaha mendekat. Pemain yang tertangkap terakhir harus bersiap untuk disabet dengan baju anak lainnya. Setelah baju yang diletakkan di pancak diambil semua, pemain yang berhasil mengambil baju berhak memukul dua kali lipat dari pemain lainnya.

Manfaat Permainan Gebok

permainan bola gebok

permainan bola gebok

Permainan ini memberikan banyak manfaat kepada anak-anak sebagai berikut.

  • Permainan ini bisa meningkatkan kecerdasan emosional dan perkembangan kinestetik anak.
  • Permainan ini juga melatih sportivitas anak karena harus mengakui kekalahan. Nilai sportivitas harus ditanamkan sejak dini agar bermanfaat bagi kehidupannya kelak.
  • Permainan ini juga melatih kerjasama dan kekompakan tim karena permainan ini dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok harus menyusun strategi yang jitu agar bisa memenangkan pertandingan.
  • Permainan ini juga mengajarkan sikap berambisi yang baik untuk mencapai kesuksesan berupa kemenangan.

Permainan tradisional memang memberikan banyak manfaat daripada permainan masa kini yang mengandalkan teknologi seperti permainan online. Permainan tradisional juga tidak membutuhkan biaya apapun, tidak seperti permainan online yang membutuhkan koneksi internet. Yuk lestarikan permainan tradisional!

Baca Juga :  Permainan Gobak Sodor Dapat Membentuk Karakter Anak
Adu Kekuatan dengan Permainan Gebok | ivink3aray | 4.5